Sabang: Pariwisata Aceh Yang Tercatat Al-Qur'an

Sabang: Pariwisata Aceh Yang Tercatat Al-Qur'an
Photo Koleksi Pribadi
Selama ini kita selalu beranggapan bahwa air dan api adalah dua hal yang tidak mungkin bersatu. api yang identik dengan panas akan padam jika disirami air yang sangat melekat dengan nuansa dingin dan kesejukannya. Lalu, bagaimana jika kedua hal itu menyatu?

Selintas ini barangkali saja terdengar aneh, meski bukan pula fenomena baru. Gunung berapi di dasar laut adalah satu dari sekian banyak fenomena alam yang terkadang di luar logika dan sulit dinalar akal yang selalu berpedoman pada kebiasaan manusia. Namun, jika Tuhan sudah berkehendak, bahkan yang tak terpikirkan sekalipun bisa saja terjadi.

Fenomena alam yang terbilang unik ini meski bukan lagi sesuatu yang baru saat ini berada sangat dekat dengan kita. Tak perlu lagi berpikir bahwa gunung api di dasar laut berada di negeri antah berantah, karena gunung api tersebut ada di Sabang, Aceh, Indonesia.

Kota Sabang tentu bukanlah tempat yang asing terutama bagi para pencinta alam dan penikmat pariwisata. Sebagai sebuah pulau yang di kelilingi lautan sudah pasti jika Kota Sabang terkenal dengan pesona baharinya yang begitu memukau. Tetapi, keindahan yang mengundang begitu banyak decak kagum tersebut belum berhenti sampai pada hanya sebatas cantik, indah, bagus dan lainnya karena Allah menambahnya dengan keberadaan gunung api bawah laut, fenomena alam langka yang Secara ilmiah, gunung api bawah laut ini yang biasa disebut Hidrotermal terjadi karena aliran lava vulkanis yang ada di dasar laut.

Sabang: Pariwisata Aceh Yang Tercatat Al-Qur'an

Fenomena alam ini ternyata sudah Allah kabarkan sejak 14 abad silam dalam kalam-Nya; “dan laut yang di dalam tanahnya ada api.” (Qs. Ath-Thuur: 6). Berabad-abad lamanya manusia tidak mampu memahami ayat ini hingga fenomena alam gunung api bawah laut ini mulai ditemukan. Hal senada juga telah diceritakan Rasulullah melalui haditsnya; “Tidak ada yang mengarungi lautan kecuali orang yang berhaji, berumrah atau orang yang berperang di jalan Allah. Sesungguhnya di bawah lautan terdapat api dan di bawah api terdapat lautan,” (HR Abu Daud).

Bukankah secara ilmu yang kita pelajari bahwa api akan padam oleh air dan pun sebaliknya, air akan menguap oleh api? Bagaimana menterjemahkan fenomena alam yang satu ini?

Lalu, nikmat Tuhan yang manakah lagi yang akan kau dustakan? Pariwisata Sabang benar-benar menawarkan sesuatu yang luar biasa, tak hanya keindahan yang tampak terlihat di permukaan, tetapi juga keindahan tersembunyi yang tersimpan bagi mereka yang membutuhkan petualangan. Mendekatlah ke alam, karena itu akan semakin mendekatkan kita pada Penciptanya.


Video Oleh; Perspective
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Heti Ug
AUTHOR
May 20, 2016 at 8:36 PM delete

Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang destinasi wisata indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

Reply
avatar
August 25, 2017 at 1:59 AM delete

I was very happy to uncover this page. I need to to thank you for your time just for this wonderful read!! I definitely liked every part of it and i also have you bookmarked to look at new things on your blog. craigslist fort myers

Reply
avatar