Pantai Unik Di Pulau Sabang

Pantai Unik Di Pulau Sabang
Kota Sabang sebagai kota yang terletak di ujung paling barat Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata dunia dengan monumen tugu nol kilometernya Indonesia sebagai salah satu daya tarik wisatawan selain pemandangan alamnya yang memang luar biasa indahnya.

Sebagai sebuah pulau, tentu saja Kota Sabang di kelilingi lautan, sehingga pantai terdapat di semua sisi pulau ini. tercatat begitu banyak pantai di pulau yang bernama Weh ini, mulai dari yang dekat dengan pusat kota sampai yang terletak jauh dari pusat kota, seperti pantai-pantai yang berada di pulau-pulau kecil lainnya yang juga termasuk dalam wilayah administratif Kota Sabang.

Diantara semua pantai-pantai indah tersebut, terdapat sebuah pantai yang unik yang diberi nama Pantai Anoi Itam. Dalam bahasa Aceh Anoi berarti Pasir, dan Itam berarti Hitam. Jadi, sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam legam. pasir di pantai ini mengandung nikel dan mineral yang tinggi. Warna hitamnya tampak mengkilat apabila diterpa sinar matahari. Pantai ini berlokasi di gampong Anoi Itam, sekitar 30 menit jarak tempuhnya dari pusat Kota Sabang.

Dari beberapa literature disebutkan bahwa pasir hitam dipercaya mengandung mineral yang lebih tinggi dari pasir putih sehingga pasir hitam lebih bagus untuk terapi kesehatan seperti reumatik dan lain sebagainya.

Selain sebagai satu-satunya pantai di Aceh yang memiliki pasir berwarna hitam, kawasan wisata pantai anoi itam ini juga memiliki daya tarik lainnya yaitu benteng peninggalan jepang. Benteng ini terletak diatas permukaan karang yang tinggi, sehingga hamparan laut biru terlihat begitu indah dari atasnya.

Jadi, jika berkunjung ke Kota wisata Sabang, jangan lewatkan untuk datang dan melihat sendiri betapa indahnya tempat ini. keindahan alami yang belum tersentuh teknologi tinggi buatan manusia.


Previous
Next Post »