Perbedaan Antara Menulis Dengan Mengajar

Mengajar dan menulis adalah dua hal yang berbeda namun memiliki esensi yang sama, yaitu sama-sama merupakan sebuah proses transfer knowledge. Selain melalui proses dan cara yang berbeda, antara mengajar dan menulis juga mempunyai subjek yang berbeda. Mengajar hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu yang mampu. Sementara itu, menulis dapat dilakukan oleh siapa saja yang mau.

Tentu berbeda antara mampu dan mau. Setiap orang mungkin ingin atau mau mengajar, tetapi tidak semua mampu. Mampu tidak hanya dapat diartikan sebatas bisa atau handal, tetapi mampu disini juga dapat diterjemahkan memiliki kesempatan. Apalagi di negara kita saat ini ijazah tetap prioritas untuk menunjukkan kredebilitas sebagai seseorang yang mampu mengajar. Oleh karenanya, tanpa ijazah yang memadai, lupakan saja kemampuan mengajar yang mungkin kamu miliki.

Menulis juga merupakan kegiatan pemindahan pengetahuan. Tetapi sekali lagi dalam urusan yang satu ini kamu tak perlu mampu, cukup hanya mau saja. apabila sudah punya kemauan untuk terjun dalam bidang ini maka kemampuan akan segera mengikutinya. Tak perlu ijazah untuk menunjukkan keabsahan bahwa kamu bisa atau handal menulis. hal paling penting adalah kamu dapat membedakan yang mana A, B, C dan seterusnya.

Silahkan tuliskan apa saja yang menurut kamu penting untuk dituliskan, atau mungkin tuliskan juga yang tidak begitu penting atau bahkan mungkin yang tidak penting sama sekali. Untuk apa? Tentu saja untuk mengukuhkan kedudukan kamu sebagai penulis. Inilah kelebihan lainnya yang membedakan penulis dengan pengajar. Sebagai penulis kita bisa menuliskan apa saja yang kita inginkan, tetapi sebagai pengajar kita dituntut untuk mengajar hanya yang penting-penting saja.

Dalam tulisan, penulis mempunyai ruang kebebasan yang mungkin tidak didapatkan ketika dalam pembicaraan lisan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang akan terdapat misunderstanding antara maksud penulis dengan yang diterima pembaca, karena perbedaan intonasi ketika membacanya, namun ini bukanlah persoalan yang besar, cukup dengan lakukan klarifikasi jika hal tersebut sampai terjadi.


Menulis itu bisa bikin awet muda. Menulis itu mampu membuat seseorang hidup selamanya, menulis itu mampu menciptakan dan menghentikan perang, menulis itu cara gampang yang menyenangkan. Jadi, kamu masih tunggu apalagi? Ayo, menulis!!!
Previous
Next Post »