Hakim Diduga Terima Suap: Dua Bocah Diperkosa Pelaku Dihukum Ringan di Aceh

Sebuah video yang diunggah kemarin sore 26 januari 2016 oleh halaman facebook “Ini Mungkin TAQDIRKU” sekarang sedang menghebohkan jagad maya. Video yang berdurasi 2 menit 36 detik ini menggambarkan betapa histerisnya ibu korban pemerkosaan. Sang ibu tampak mengamuk karena hakim menjatuhi hukuman yang cukup ringan kepada terdakwa kasus pemerkosaan anak dibawah umur.

Dalam video yang diberi caption “Dua Bocah Diperkosa Pelaku Dihukum Ringan, Ibu Korban Berontak Histeris... dunia memang kejam.. tapi hukum Allah menunggu” ini tampak seseorang yang mungkin wartawan mewawancarai hakim seraya menanyakan bahwa apakah benar si hakim memperoleh uang suap sebesar Rp. 5 juta dari keluarga tersangka.

Beredarnya video ini yang menunjukkan lokasi di wilayah Aceh diketahui berdasarkan penggunaan bahasa daerah yang terdengar menimbulkan sejumlah komentar dari para netizen. Hingga saat ini telah ada 101 komentar pada video tersebut. Mulai dari yang simpati kepada korban, sampai bahkan ada yang mempertanyakan dimana hukum Islam yang selama ini di gaung-gaungkan di Aceh.

Hal ini tentu saja memperburuk citra penegakan syari’at Islam di Aceh. meski belum diketahui secara pasti apa dan berapa lama putusan hakim, namun hal ini disinyalir bertentangan dengan syari’at Islam. Sebuah komentar juga menyebutkan “jika dalam syari’at Islam, selingkuh yang sama-sama dewasa saja mendapatkan hukuman yang berat, lalu apakah pemerkosaan dibawah umur yang dilakukan secara paksa tidak lebih kejam?”

Menanggapi pertanyaan tersebut, seorang netizen lainnya menjawab bahwa “inilah yang terjadi jika bukan hukum Islam yang digunakan. Aceh meskipun menerapkan hukum Islam, tetapi Aceh juga masih bagian dari Republik Indonesia. Oleh karenanya, masih terjadi dualisme hukum. Ketika ingin menerapkan hukum Islam terkadang hal itu bertentangan dengan hukum nasional sehingga lagi-lagi hukum Islam tidak bisa benar-benar diterapkan 100%.”


Sampai saat ini, belum diketahui pasti di Kabupaten/Kota mana di Aceh hal ini terjadi dan juga belum didapatkan informasi akurat terkait putusan hakim terhadap terdakwa.

berikut link video asli yang diunggah tersebut:
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments