Sejarah Singkat Putra Putri Rasulullah saw.

Sejarah Singkat Putra Putri Rasulullah saw.
Rasulullah Muhammad saw. Memiliki 7 orang anak. 6 orang dari istri pertamanya Khadijah binti Khuwailid yaitu Qasim, Zainab, Abdullah, Rukayyah, Ummu Kultsum dan si bungsu Fatimah yang paling terkenal. Sedangkan anak Rasulullah yang bernama Ibrahim terlahir dari istri yang bernama Mariah Al-Qibtiyah.

Berikut sejarah singkat ketujuh putra dan putri Rasulullah.

1.      Qasim bin Muhammad

Qasim adalah putra tertua Rasulullah saw. Oleh karenanya, Rasulullah memiliki kunyah Abul Qasim. Dalam sebuah haditsnya Rasulullah bersabda: “Hendaklah kalian bernama dengan nama-namaku tetapi jangan berkunyah dengan kunyahku (Abul Qasim).” (HR. Bukhari No. 3537).
Qasim lahir di Mekkah sebelum masa kenabian dan meninggal dunia pada usia 2 tahun.

2.      Zainab binti Muhammad

Zainab adalah putri tertua Rasulullah. Ia lahir di Mekkah juga sebelum masa Kenabian tepatnya pada tahun ketiga puluh kelahiran Nabi dan sepuluh tahun sebelum masa Kenabian.

Zainab dinikahkan dengan sepupunya Abul ‘Ash bin Rabi’. Ibunya Abul ‘Ash adalah Halah binti Khuwailid (saudara perempuan Khadijah). Mereka sempat berpisah ketika Abul ‘Ash belum mau menerima Islam. Kemudian mereka bersatu kembali setelah Abul ‘Ash masuk Islam.

Dari pernikahannya ini, Zainab memiliki dua orang anak yaitu Ali dan Umamah. Ali putra Zainab inilah yang diboncengkan Rasulullah di belakang untanya pada peristiwa penaklukan kota Makkah (Fathul-Makkah). 

Ali bin Abul ‘Ash, putra Zainab meninggal dunia ketika menginjak usia dewasa. Sedangkan putri Zainab, Umamah kemudian menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fatimah (bibinya) wafat sesuai wasiat Fatimah sendiri.

Zainab meninggal dunia di Madinah pada tahun kedelapan hijriyah setelah kembali berkumpul selama dua tahun bersama suaminya Abul ‘Ash. Zainab wafat dalam usia 31 tahun.

3.      Abdullah bin Muhammad

Abdullah adalah putra kedua dan merupakan anak ketiga Rasulullah saw.  Sama hal nya dengan putra pertamanya, Abdullah bin Muhammad juga meninggal pada usia 2 tahun.

4.      Rukayyah binti Muhammad

Anak keempat Rasulullah ini juga lahir di Mekkah pada tahun ketigapuluh tiga dari tahun kelahiran Rasulullah. Ketika dewasa Rukayyah menikah dengan Utbah bin Abu Lahab. Pernikahan ini terjadi sebelum masa Kenabian.

Ketika pada masa Kenabian, sebagai orang yang paling menentang Rasulullah saw. Abu Lahab memerintahkan anaknya untuk menceraikan Rukayyah. Kemudian, setelah perceraian itu, Rasulullah menikahkan Rukayyah dengan Utsman bin Affan.

Rukayyah dan Utsman memiliki seorang putra yang diberi nama Abdullah. Bersama kaum Muslimin lainnya Utsman dan Rukayyah pernah berhijrah ke Habasyah. Ketika kembali ke Mekkah, Rukayyah mendapati ibunda tercinta Khadijah binti Khuwailid telah tiada. Tak lama setelahnya, Abdullah bin Utsman pun meninggal dunia. Putra satu-satunya Rukayyah dan Utsman bin Affan.

Rukayyah meninggal dunia pada tahun kedua hijriyah tatkala Zaid bin Haritsah menyampaikan berita gembira tentang kemenangan kaum muslimin dalam pertempuran Badar.

5.      Ummu Kultsum binti Muhammad

Ummu Kultsum adalah adik Rukkayah. Ummu Kultsum dan Rukayyah memiliki banyak kesamaan. Perjalanan hidup mereka tidak jauh berbeda. Mereka berdua terlahir dari ayah yang sama, ibu yang sama, suami mereka pun kakak beradik yang namanya mempunyai arti yang sama; Utbah dan Utaibah, mempunyai mertua yang sama, masuk Islam pada hari yang sama, bercerai pada hari yang sama sebelum bercampur dengan suami-suami mereka, dan setelah perceraian itu, mereka mempunyai suami yang sama pula.

Sama halnya dengan sang kakak, setelah bercerai dengan Utaibah bin Abu Lahab (adik dari Uthbah, suami Rukayyah), Ummu Kultsum juga dinikahkan Rasulullah dengan Utsman bin Affan setelah wafatnya Rukayyah.

Ummu Kultsum meninggal dunia pada tahun kesembilan hijriyah pada usia 28 tahun. Ummu Kultsum dan Utsman tidak memiliki seorang anak pun. Dikarenakan menikahi kedua putri Rasulullah saw. Inilah Utsman bin Affan dijuluki Dzunnurain “pemilik dua cahaya”.

6.      Fatimah binti Muhammad

Putri bungsu Rasulullah saw. dengan Khadijah binti Khuwailid adalah Fatimah binti Muhammad. Beberapa sumber menyebutkan Ia lahir satu tahun sebelum Kenabian, ada pula yang menyatakan bahwa Fatimah lahir 18 tahun sebelum hijriyah.

Pada usia sekitar 18 tahun Fatimah dinikahkan dengan Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahan ini mereka memiliki 6 orang anak, yaitu Hasan, Husein, Zainab, Ummu Kultsum, mukhsin dan Rukayyah. Mukhsin dan Ummu Kultsum meninggal ketika mereka masih kecil.

Begitu banyak riwayat yang mengisahkan perjalanan hidup putri kesayangan Rasulullah ini. Fatimah sendiri juga sangat banyak meriwayatkan hadits dari Ayahanda tercinta.
Fatimah adalah anak Rasulullah satu-satunya yang masih hidup ketika Rasulullah wafat. 6 bulan setelah wafatnya Rasulullah saw. Fathimah jatuh sakit. Tak lama kemudian ia pun meninggal dunia pada malam selasa tanggal 13 Ramadhan tahun 11 H dalam usia 27 tahun.

7.      Ibrahim bin Muhammad


Ibrahim adalah satu-satunya putra Rasulullah yang lahir bukan dari Khadijah. Ibu Ibrahim adalah Mariyah Al-Qibtiyah. Ia dilahirkan di Madinah pada bulan Jumadil Akhir tahun kesembilan Hijriyah. Meninggal dunia pada tanggal 29 Syawal di tahun ke 10 Hijriyyah, yakni pada hari terjadinya gerhana matahari di Madinah dalam usia  sekitar 16 atau 18 bulan. Lalu dikebumikan di Baqi'.
Previous
Next Post »