Tips Mempersiapkan Diri Bagi Mahasiswa Baru

Tips Mempersiapkan Diri Bagi Mahasiswa Baru
Meninggalkan bangku SMA untuk menjadi mahasiswa merupakan euforia tersendiri dalam diri setiap calon mahasiswa. Mulai dari pilih-pilih jurusan, fakultas dan universitas favorite sampai dengan acara ospek yang bikin hati dag dig dug deerr... hehe J. Bagi yang beruntung diterima di fakultas atau jurusan impian pasti kegembiraannya akan berbeda dengan yang harus puas dengan pilihan kedua atau ketiga dan mungkin malah pilihan alternative, yaitu tempat yang memang tidak diminati sama sekali.

Sebenarnya, bukan masalah dimana kamu akan kuliah tetapi apa sich yang harus dipersiapkan ketika sekarang kamu berstatus “mahasiswa”. Tidak ada lagi seragam di kampus, kecuali bagi kamu-kamu yang kuliah di tempat-tempat tertentu yang mengharuskan menggunakan seragam, seperti LP3I dan lain sebagainya.

Berikut saya ingin sedikit berbagi tips-tips mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru.

1.      Mental
Persiapan mental disini bukan berarti kamu harus siap diospek dengan gaya ospek zaman dahulu kala. Persiapan mental adalah kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi sistem pembelajaran yang berbeda dengan di sekolah dulu. Selain itu, cara mengajar antara dosen dan guru biasanya berbeda. Jika di SMA guru akan “menyuapi” kamu, maka ketika menjadi mahasiswa kamu harus siap untuk “makan sendiri”.

2.      Semangat
Kuliah tidak berlangsung dalam durasi waktu yang sama setiap harinya seperti di sekolah. Jadi, disini butuh semangat ekstra. Jam kuliah yang tidak tentu itu jangan sampai membuat semangatmu menurun. Terutama bagi mereka yang indekos yang tinggal jauh dari orang tua, tentu semangat ini harus benar-benar dijaga karena control diri sendiri yang paling menentukan.

3.      Pemahaman Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran yang berupa SKS (sistem kredit satuan) juga tidak terdapat di bangku SMA. jadi, pahami dulu sistemnya. Apabila kamu sudah benar-benar memahami maka akan memudahkan kamu beradaptasi dalam lingkungan kampus, baik dengan dosen maupun dengan teman-teman mahasiswa lainnya.

4.      Manajemen Waktu
Nach, ini segmen yang paling penting. Jika sudah siap mental dan sudah paham dengan sistem perkuliahan maka kamu harus pintar-pintar mengatur waktu. Dosen-dosen setiap mata kuliah mungkin saja akan memberikan tugas yang banyak dalam waktu yang bersamaan. Jadi, kelihaian mengatur waktu sangat urgent sifatnya, karena sangat sulit negosiasi dengan dosen dalam urusan tugas dibanding dengan guru-guru di sekolah.

5.      Manajemen Keuangan
Pengaturan Keuangan bagi mereka yang tinggal jauh dari orang tua merupakan hal yang juga tak kalah penting dari mengatur waktu, bahkan mungkin bisa dikatakan lebih penting. Kebanyakan terjadi bagi mereka yang indekos adalah foya-foya diawal bulan dan harus makan mie instan di akhir bulan. Coba hindari peritiwa ini sebisa mungkin dengan mengatur keuangan kamu sebaik mungkin. Jika sudah beradaptasi dengan dunia kampus dan sudah pintar mengatur waktu, kamu bisa menyiapkan diri untuk mencari kerja part time, hitung-hitung buat nambahin uang jajan, syukur-syukur bisa bayar kuliah sendiri biar terlihat lebih keren. J

6.      Perlengkapan
Lagi-lagi, jika kamu sudah paham dengan sistem perkuliahan maka kamu akan tahu perlengkapan apa yang harus disiapkan. Meskipun kamu mempunyai beberapa matakuliah yang berbeda, namun biasanya untuk kuliah kamu tidak perlu buku yang banyak. Sebahagian besar mahasiswa menggunakan binder yang berisi semua matakuliah yang sedang diikuti pada semester tersebut.
Selanjutnya, untuk kamu yang tinggal indekos, peralatan tidur, masak dan kebutuhan sehari-hari lainnya juga harus disiapkan.

Demikianlah sedikit tips untuk mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru, semoga bermanfaat dan jangan lupa kenali juga tipe-tipe dosen yang akan kamu hadapi. untuk mengetahui tipe-tipe dosen dan cara menghadapinya, silahkan dibaca disini:  http://www.asyafrawa.com/2015/05/dosenku-idolaku.html


Previous
Next Post »