Tips Cepat Mengingat Bacaan

Tips Cepat Mengingat Bacaan
Salam manis seperti kurma madu untuk sahabat afra semua dimana pun berada. Sore tadi seorang teman bbm saya yang berisi curhatannya tentang dirinya yang sangat susah mengingat sejumlah bacaan yang telah dibacanya. Ini jelas suatu hal yang membuatnya pusing tujuh keliling. Setelah membaca beberapa buku yang dia inginkan, jarang sekali yang kemudian tertinggal dalam ingatan.

Sifat dasar manusia itu memang pelupa. Tetapi, jika sudah sampai ke taraf ini maka perlu ada solusi terbaik untuk menyikapinya. Di akhir sesi curhatan sore tadi, sang teman menutupnya dengan sebuah pertanyaan, “bagaimana cara supaya apapun yang kita baca tidak meninggalkan otak kita tanpa permisi dan tanpa jejak sedikitpun?”.

Mendapat serangan pertanyaan tiba-tiba seperti itu, saya gelagapan. Syukurnya, kemudian saya mendapatkan 4 tips yang semoga saja bisa mengatasi problem teman saya tersebut. Berikut akan saya bagikan juga tips nya kepada sahabat afra sekalian.

1.      Dibaca berulang-ulang
Sobat afra, tips yang pertama ini mungkin agak sedikit membosankan dan terkesan buang-buang waktu, apalagi jika begitu banyak bacaan lain yang belum terbaca sudah menanti untuk dibuka. Tetapi, jika memang kita ingin bacaan itu melekat kuat dalam ingatan. Tidak ada salahnya menyiapkan waktu lebih untuk mengulangnya sekali lagi.

2.      Niatkan sebagai kebutuhan
Membaca hanya sekedar ingin tahu pasti hasilnya akan berbeda dengan membaca karena kita memang sangat membutuhkan bacaan tersebut. Dimana-mana kebutuhan tentu memiliki skala prioritas dibanding yang lainnya. Oleh karena itu, coba terapkan tips kedua ini, niatkan dan yakinkan hati sebelum membaca bahwa kita memang benar-benar sangat membutuhkan bacaan itu.

3.      Ceritakan/sampaikan ke orang lain
Bercerita kepada orang lain akan lebih memudahkan kita mengingat sesuatu, baik itu yang telah kita lihat maupun yang telah kita baca. Usahakan setelah membaca sebuah buku atau artikel atau apapun segera cari objek yang mau mendengarkan celoteh kita tentang buku/artikel yang baru saja kita baca. Jika, tidak menemukan orang yang bersedia mendengar, maka tidak ada salahnya menjadikan cermin di kamar sebagai korban alternatif. Yakinlah, si cermin tak akan mungkin menolak.

4.      Tuliskan
Terakhir dan yang paling efektif sebagai trik untuk mengingat bacaan yang telah kita baca adalah menuliskannya. Tulislah apa yang telah kita baca dengan menggunakan bahasa kita sendiri. Selain sangat berguna sebagai media pengingat, tips keempat ini juga bisa mendatangkan manfaat lainnya, seperti siapa tahu kita akan menjadi penulis hebat karenanya.


Hanya 4 saja tips yang bisa saya bagi di malam yang dingin ini, selamat mencoba dan semoga berhasil. Good night all...
Previous
Next Post »