Ternyata, Inilah Wahabi Yang dimaksud Oleh Aswaja

Kekisruhan antara Ahlusunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dengan kelompok atau orang-orang yang disebut Wahabi di Aceh yang dimulai dengan perebutan pengelolaan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh sampai dengan demo Aswaja beberapa hari lalu semakin menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Sebahagian masyarakat masih belum sepenuhnya memahami siapa sebenarnya yang dimaksud Wahabi oleh para pendemo dari golongan Aswaja tersebut. Bahkan dalam pernyataan pers nya Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA meminta para tokoh Aswaja untuk menyebutkan atau menunjukkan siapa sebenarnya Wahabi yang mereka maksud.

Ditengah polemik tersebut, akhirnya sedikit terbongkar siapa sebenarnya Wahabi yang dimaksud. Berdasarkan penulusuran Ustadz Saifullah Rayeuk, MA melalui laman facebook nya. Berikut pernyataan sang Ustadz:

“setelah saya membaca dan mencoba memahami pernyataan dari seorang alumni "tanoh mirah" maka saya dapat mengambil alakadar kesimpulan bahwa yang dimaksud wahabi oleh pendemo ahlussunnah aceh adalah "kelompok muhammadiyah" indikasinya adalah :(1) kukuh dengan shalat tarawih 8 rakaat, (2) menentukan pertama ramadhan dengan hisab bukan rukyat, (3) tidak mengulang rukun khutbah pada pelaksanaan shalat jumat.

tapi aneh mereka tidak berani menyebut muhammadiyah, mengapa? menurut analisa saya yang bodoh ini, kalau mereka menyebut "muhammadiyah" maka akan banyak yang tidak mendukung mereka karena belum ada satupun fatwa di indonesia yang menyesatkan muhammadiyah, selanjutnya muhammadiyah sangat mengakar di aceh terutama di kawasan tengah aceh, barat selatan dan kota banda aceh sendiri.

akhirnya dipilihlah "wahabi" sebagai nama bagi kelompok2 yang dianggap melawan aswaja karena mpu aceh pernah mengeluarkan fatwa sesat kepada wahabi/salafi meskipun sampai hari ini belum ada kriteria yang pasti sebab2 kesesatan mereka dan belum bisa dijelaskan kepada masyarakat secara pasti dengan rujukan2 yang saheh. yang dikedepankan malah dugaan2 /fitnah yang tidak akurat.

akibatnya muncullah berbagai persoalan di tengah masyarakat yang diawali oleh persoalan2 kecil. sebagai contoh di kawasan aceh besar sekarang ini berkembang pendapat bahwa "tidak sah jadi imam kalau memakai celana panjang bukan kain sarung, bahkan ada oknum makmun langsung keluar dari saf jamaah pada saat dia tau imamnya pakai celana panjang bukan kain sarung ( ini nyata bukan fitnah).

contoh lain yang menjadi khatib harus tamatan dayah tertentu, kalau tidak maka shalat jumat tidak sah. maasih banyak lagi kejadian2 semacam ini di tengah2 masyarakat yang disebabkan oleh kecurigaan2 tidak berdasar.

oleh karena itu saya pribadi memohon kepada para pakar di aswaja supaya dapat membuat sebuah edaran resmi kepada masyarakat tentang siapa sebenarnya yang sesat, apa tanda2nya (dilengkapi dengan hujah yang jelas jangan fitnah) sehingga mudah menyampaikan pencerahan kepada masyarakat yang pada akhirnya ukhuwwah diantara kaum muslimin tetap terjaga.”

Demikian tulisan sang Ustadz yang sedikit mencerahkan. Mudah-mudahan pernyataan resmi dari golongan Aswaja Aceh dapat segera dipublikasi sehingga tidak terjadi lagi saling fitnah seperti yang beredar selama ini.
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
September 14, 2015 at 2:26 AM delete

eAhabi itu orang2 alim yang tidak percaya kepada hukum kias.dan tidak percaya dan keluar dari mazhab.mereka menafsirkan alquran dan hadis tdak menggunskan usul fiq.

Reply
avatar
ERHA
AUTHOR
September 14, 2015 at 4:46 PM delete

Aswaja dan Wahabi sama2 beribadah menurut syariat Islam kepada Allah SWT. Amin

Reply
avatar
rudy milano
AUTHOR
January 27, 2016 at 12:46 AM delete

Loh, imam-imam haramain itu gimana? jangan2 ibadah haji ga ke Mekkah lagi karena di Masjidil Haram imam-imamnya yang mereka tuduh wahabi.
https://en.wikipedia.org/wiki/Abdul_Rahman_Al-Sudais

Reply
avatar
Thahir Kocan
AUTHOR
June 8, 2017 at 10:54 AM delete

Wahabi memponis allah serupa dgn makhluk..mrk mengatakan allah bertangan berkaki bermuka..bhkan bersemanyam di 'arsy sperti duduk kita manusia di atas kursi...paham2 wahabi sesat menyesatkan..ciri2 mrk suka mengkafirkan ummat islam..dan suka membid'ahkan tnpa di dasari ilmu2 agama.

Reply
avatar