Jokowi berulah lagi

Semakin melemahnya rupiah hingga mencapai 13800,00 per 1 dollar us yang disertai dengan melemahnya harga saham di IHSG hari ini menurut detikfinance adalah disebabkan oleh mencuatnya berita Reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, melemahnya rupiah ini terjadi disebabkan oleh pelemahan Yuan yang sengaja dilakukan oleh Bank Central China/Tiongkok yang berimbas pada Anjloknya bursa saham Amerika sebesar 1%.

Janji Presiden Jokowi dalam pidatonya bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat mencapai 5% juga tidak membuat para pelaku pasar untuk menahan aksi jual terhadap saham sehingga harga saham terus merosot meskipun Presiden Jokowi juga menjanjikan akan menggenjot habis-habisan belanja APBN untuk kegiatan pembangunan infrastruktur seperti dikutip dari bisnis.com

Reshuffle kabinet yang akan dilakukan Jokowi ini tidak hanya berdampak buruk bagi Bursa efek dan melemahnya rupiah. Namun lebih dari itu, jokowi dinilai tidak mampu melakukan koordinasi dengan para menterinya. Bahkan, Direktur Eksekutif Study For Indonesia Government Indepth (SIGI) Medrial Alamsyah dalam wawancaranya dengan CNNindonesia menyebutkan bahwa: “ Jokowi Tidak cukup hanya dengan melakukan reshuffle memilih orang yang baik dan menganggap persoalan selesai. Akan tetapi, Jokowi juga harus meningkatkan kapasitas dalam melakukan koordinasi. Ini masalah dia. Tidak ada alasan untuk tidak tahu atau tidak baca," ujarnya.

Selanjutnya, setelah dilakukannya Reshuffle ini tentu saja banyak pihak berharap tingkat perekonomian Indonesia juga ikut berubah ke arah yang lebih baik. Selain persoalan ekonomi, persoalan kenegaraan lainnya juga sudah menunggu untuk diselesaikan Bapak Presiden secepatnya.


Menanggapi melemahnya rupiah dan reshuffle kabinet ini, sejumlah netizen menilai jokowi salah langkah, seharusnya bukan menteri yang diganti, tetapi jokowi sendiri yang perlu dibenahi. Selain itu, para pihak yang mendukung menyatakan bahwa kebijakan untuk mereshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi sudah tepat untuk menyelematkan Indonesia agar tak bernasib seperti Yunani yang dikabar Pailit beberapa waktu lalu.
Previous
Next Post »