Daging Untuk Penderita Kolesterol

Zaman batu kini kembali berulang. Seperti lagu asal negeri jiran “sejarah mungkin berulang”. Begitulah... namun, ada sejenis penyakit yang tidak dikenal pada zaman batu dahulu tetapi ada pada zaman batu sekarang. Penyakit tersebut bernama kolesterol. Mungkin saja, penyakit ini memang sudah ada sejak zaman dahulu, hanya saja orang-orang terdahulu tidak menyebutkannya kolesterol.

Menurut sejarahnya, penyakit yang sudah mendunia ini bisa menyerang siapa saja tidak peduli muda ataupun tua. Bahkan selama ini banyak orang beranggapan bahwa penyakit ini hanya miliknya orang-orang gemuk. Tetapi, anggapan itu ternyata salah. Sebab, kolesterol tidak hanya terjadi karena kelebihan lemak yang dimiliki tubuh, tetapi 80% kolesterol di produksi dalam hati. Jadi, bahwa anggapan orang kurus tidak akan kolesterol itu sangat.. sangat keliru.

Menurut data survey pribadi saya, ternyata orang kurus lebih banyak yang terkena penyakit kolesterol. Hal ini disebabkan karena mereka beranggapan bahwa hanya orang gemuk yang akan terkena kolesterol sehingga mereka tidak mengganggap perlu untuk memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang akan dikonsumsi sehingga pada akhirnya orang kuruslah yang menempati posisi terbanyak pengidap kolesterol.

Kita sering kali mendengar, mencegah lebih baik dari mengobati. Nah, maka dari itu, marilah kita jaga diri kita dari sekarang. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran sehat. Jangan tunggu sakit baru kemudian sibuk mencari tips dan trik sehat.

Hampir semua kita tahu bahwa salah satu makanan yang menjadi musuh terbesar penderita kolesterol adalah daging. Biasanya penderita kolesterol akan mati-matian menghindari daging, terutama daging sapi dan kambing. Namun, tidak semua penderita mampu menghindarinya, apalagi jika memang mereka sangat suka dengan makanan yang satu ini. Untuk itu, berikut saya sedikit membagi tips cara memasak/mengolah daging yang dapat menghilangkan kolesterol.

1.      Pastikan anda membeli daging sapi atau kambing (bukan babi bagi muslim). Dan bagi muslim juga, pastika daging-daging tersebut disembelih secara Islami.
2.      Bersihkan daging dengan air bersih, lalu tiriskan. Jangan rendam di air terlalu lama.
3.      Siapkan bumbu (tergantung anda, jika ingin memasak rendang, siapkan bumbu rendang. Jika ingin memasak semur siapkan bumbu semur, jangan terbalik ya!!!) hehehe....
4.      Masak seperti biasa, hanya saja tambahkan bawang putih sedikit lebih banyak.
5.      Setelah matang, angkat dan sajikan ke dalam piring.
6.      Antarkan ke rumah saya semuanya, jangan anda sisakan sedikitpun di rumah anda.

Demikian tips memasak daging, jika anda mengikutinya, saya yakin anda tidak akan terkena kolesterol. Selamat mencoba... J
Previous
Next Post »